TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 3.3-GALUH MUTINI PILIKAMPAI-CGP KARANGASEM

 SPEAK BEFORE YOU SPEAK  PADA  PERTEMUAN TATAP MUKA TERBATAS 

PGP-1-Kabupaten Karangasem-Galuh Mutini Pilikampai-3.3-Aksi Nyata





 1.1 Latar Belakang

      Salah  satu contoh pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid adalah student leadership atau kepemimpinan pada murid. Kepemimpinan pada murid artinya murid mengambil peran aktif dalam pendidikan mereka dan mengembangkan keterampilan positif dalam proses tersebut.

      Program sekolah yang berorientasi pada student leadership dapat melahirkan dan menumbuh kembangkan budaya kepemimpinan, sikap kolaboratif, rasa tanggung jawab, sikap peduli, dan rasa percaya diri dalam diri murid. Selain menumbuhkan sikap positif, student leadership dapat menumbuhkan keterampilan berkomunikasi dan memiliki keterampilan manajerial yang dapat dimanfaatkan untuk komunitas yang lebih luas di masa yang akan datang.

         Salah satu ketrampilan yang harus dikuasai murid adalah berbahasa Inggris sederhana di keseharian sesuai level mereka, tetapi hal ini sangat sulit untuk dilakukan karena ter kendala keberanian dan rasa percaya diri pada murid dalam mengucapkan kosa kata-kosa kata bahasa Inggris sehingga secara otomatis mereka kesulitan dalam membiasakan berkomunikasi sederhana berbahasa Inggris di lingkup sekolah. 

1.2 Deskripsi Aksi Nyata

    Speak Before You Speak adalah salah satu program yang berorientasi pada students leadership. Program ini  adalah penyempurnaan program pembiasaan bahasa Inggris yang sudah dilakukan saat sebelum pandemi. Dalam program terdahulu, pembiasaan bahasa Inggris dilakukan dua pekan sekali bergantian dengan pembiasaan bahasa Bali dan literasi. Dan bisa dibayangkan bahwa dengan hanya melakukan pembiasaan dua pekan sekali secara klasikal di lapangan maka hasil yang di harapkan belumlah memuaskan. Banyak murid yang tidak tersentuh dan mempunyai kesempatan untuk mempraktekkan  bahasa Inggris sederhana secara lisan. Situasi ini semakin parah dengan munculnya pandemi, di mana seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dan ini mengakibatkan berbahasa   Inggris keseharian secara lisan  hampir tidak pernah dilakukan sehingga perlu untuk digiatkan saat pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, disisa-sisa waktu semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan dari program ini adalah membiasakan murid untuk berani dan percaya diri berbahasa Inggris lisan di keseharian di lingkup sekolah. Program ini terbagi menjadi dua yaitu kegiatan harian dan kegiatan  mingguan (performance). Kegiatan harian akan dilakukan secara rutin sesuai jadwal pembelajaran Bahasa Inggris dan dipandu oleh guru Bahasa Inggris dengan menggunakan buku saku "Hello How Are You", sebagai rujukan  utama dan sumber-sumber bacaan yang lain yang sesuai.  Sedangkan performance sepekan sekali akan di bawakan oleh murid (perwakilan dari masing-masing kelas dan OSIS) secara bergiliran dengan membawakan materi pilihan seperti story telling, song, sebagai announcershort dialog dan Yel sekolah  berbahasa Inggris.

       Dengan keterbatasan waktu saat tatap muka terbatas, yang hanya berlangsung kurang lebih dua pekan  maka program Speak Before You Speak untuk sementara hanya meliputi kegiatan harian yang dipandu oleh guru bahasa Inggris masing-masing dan di bantu oleh murid di kelas yang sama dan dilakukan pada saat pembelajaran bahasa Inggris sebelum masuk kelas.

         Dengan melakukan pemanasan di luar kelas beberapa menit di harapkan murid-murid akan mempunyai keberanian dan percaya diri dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan mulai terbiasa dengan berbahasa Inggris keseharian sederhana secara lisan dengan menggunakan ekspresi-ekspresi tertentu sesuai dengan situasi dan kondisi. 

         Kegiatan aksi nyata dimulai dengan membuat program dan mengatur teknis pelaksanaan program. Setelah program di rancang, maka hasil rancangan program di sampaikan kepada kepala sekolah sebagai penentu kebijakan.  Setelah mendapat persetujuan dari kepala sekolah, langkah selanjutnya adalah mensosialisasikan program kepada waka kurikulum, waka kesiswaan  dan  MGMPS Bahasa Inggris. Guru-guru bahasa Inggris dengan antusias dan hati terbuka mau mencoba program dan sebagai rujukan utamanya dalah buku saku “Hello How Are You”dengan tidak menutup kemungkinan menggunakan sumber-sumber lain sesuai dengan kreativitas guru dan kesepakatan bersama murid. Setelah berdiskusi beberapa kali dengan mereka maka tibalah waktunya untuk mencobakan program ini.

Program ini dilaksanakan setiap saat akan masuk kelas pembelajaran bahasa Inggris. Anak-anak di siapkan di luar kelas, didepan pintu masuk, untuk di bariskan yang dipimpin oleh ketua kelas atau murid yang lainnya secara bergiliran. Pemimpin barisan memberi aba-aba  dalam bahasa Inggris dalam merapikan barisan. Setelah barisan rapi dan tertib, maka pengucapan password mulai dilakukan bergilir antara murid yang satu dengan yang lainnya sembari mereka masuk ke dalam kelas. Guru membimbing murid dalam pengucapan kosa kata yang dirasa sulit dan memberi motivasi kepada seluruh murid untuk berani mengucapkan kata-kata sebagai password untuk masuk kedalam kelas. Tema password yang dipih sesuai dengan kesepakatan dan disesuaikan dengan level murid yang di ampu.

1.3 Refleksi dan Rencana Perbaikan Program

       Setelah melakukan kegiatan selama satu bulan dengan segala persiapannya maka dapat dikatakan bahwa program ini masih belum bisa maksimal pelaksanaannya tetapi melihat semangat teman-teman MGMPS, dukungan kepala sekolah, waka kurikulum dan waka kesiswaan serta antusias murid-murid kelas 7 dan 8 maka  ke depannya di tahun ajaran baru 2021/2022 program ini akan dijalankan lagi dengan penyempurnaan manajemen seperti melibatkan OSIS dan murid-murid yang mempunyai kompetensi dan kesukaan terhadap bahasa Inggris. Selain MGMPS Bahasa Inggris, wali kelas akan dilibatkan untuk mendata anak-anak yang punya kesukaan dalam bahasa Inggris. Selain itu, perlu secara intensif dan berkesinambungan mengkomunikasikan dengan  MGMPS Bahasa Inggris sebagai garda terdepan. 

       Dan untuk me-monitoring kegiatan ini sebagai bahan evaluasi maka perlu dibuatkan blangko kontrol yang akan disi oleh masing-masing guru bahasa Inggris setelah selesai melaksanakan kegiatan. Ada tiga  macam blangko yaitu blangko harian dan  blangko untuk performance sepekan/dua pekan sekali serta blangko  catatan hambatan/masalah yang terjadi saat kegiatan berlangsung. 

                Besar harapan bahwa program sederhana ini akan bisa diterapkan dengan lebih maksimal lagi di tahun ajaran baru 2021/2022 dan menambah warna pembelajaran sebagai langkah awal menuju merdeka belajar.

1.3.1 Blangko Rencana Evaluasi dan Monitoring

1.  EVALUASI DAN MONITORING HARIAN

NO

HARI

TANGGAL

NAMA GURU

KELAS

JAM KE

KEGIATAN-MATERI

CATATAN-KETERANGAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst.

 

 

 

 

 

 2. EVALUASI DAN MONITORING UNTUK PENAMPILAN SEPEKAN SEKALI

NO

HARI -TANGGAL

NAMA MURID -KELAS

MATERI-KEGIATAN

CATATAN -KETERANGAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst.

 

 

 

                     

3BLANGKO CATATAN MASALAH/HAMBATAN                           

NO

HARI-TANGGAL

JENIS KEGIATAN-HARIAN DI KELAS/MINGGUAN

MASALAH-HAMBATAN

ALASAN

SOLUSI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst.

 

 

 

 

 1.4 Dokumentasi 

 1.4.1 Penyampaian dan Sosialisasi Program

Menyampaikan program kepada Kepala Sekolah

Mensosialisasi  program kepada Waka Kurikulum


Mensosialisasikan program kepada Waka Kesiswaan


1.4.2  Eksekusi Program


Sosialisasi pertama kepada MGPMS Bahasa Inggris


Sosialisasi kedua dan persiapan praktek di lapangan 








Speak Before You Speak Bersama Kelas 8



Speak Before You Speak Bersama Pak Budiasa dan Kelas 8




Speak Before You Speak Bersama Ibu Jami'ah dan Kelas 7




Speak Before You Speak Bersama Ibu Gusti Ayu Asri dan Kelas 7

Speak Before You Speak Bersama Pak Budiasa dan kelas 8




1.4.2 Buku Referensi - Buku Saku



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 1.1_GALUH CGP KARANGASEM

TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 3.1-GALUH MUTINI PILIKAMPAI-CGP KARANGASEM

3.1.a.8. Koneksi Antarmateri Modul 3.1