Elaborasi Nilai dan Peran Guru Penggerak Oleh Galuh Mutini Pilikampai_CGP Karangasem Bali

 


        Sekolah sebagai salah satu miniatur  kehidupan bermasyarakat  adalah tempat lahir dan berkembangnya peradaban yang akan mencetak insan-insan yang bermartabat dan berdaya guna baik bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka sekolah haruslah punya visi dan misi yang jelas dan terukur.

            Dengan visi dan misi sekolah yang  jelas dan terukur, maka pemimpin sekolah bersama Tim Pengembang Sekolah akan mudah untuk merancang kegiatan-kegiatan yang mendukung tercapainya visi dan misi sekolah.

            Setelah rancangan kegiatan di susun dan diselesaikan,maka segenap warga sekolah haruslah kolaborasi untuk menjalankan rancangan program kegiatan agar visi dan misi sekolah terpenuhi. Guru sebagai pusat penggerak kegiatan sekolah, haruslah mendapat porsi yang lebih,  dalam mengemban tugas berperan serta secara aktif menjalankan program-program yang sudah di rancang,

            Untuk memaksimalkan peran guru dalam berkiprah di sekolah, maka pemerintah melalui Kemendikbud mencanangkan Program Guru Penggerak. Guru Penggerak dipersiapkan sebagai motivator yang akan mampu menggerakkan segala lini di lingkungan sekolah secara maksimal, berada di garda terdepan membantu pimpinan sekolah sebagai manajer tertinggi.

            Dengan beban tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan maka seorang guru penggerak haruslah mampu mengembangkan nilai-nilai positif yang ada pada diri mereka karena  nilai-nilai inilah yang  akan membantu mereka dalam mengemban amanah. Beberapa nilai-nilai yang harus dimiliki guru penggerak diantaranya adalah :

1.      Mandiri

Guru penggerak  yang mandiri adalah guru berusaha untuk memberdayakan diri sendiri dengan kompetensi yang dimiliki dan sadar bahwa dirinya mempunyai potensi yang luar biasa yang tidak di miliki oleh semua orang. Dengan modal kemandirian yang dimiliki maka seorang guru penggerak tidak akan pernah takut untuk menghadapi tantangan persoalan serta selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas yang di beriakn dengan penuh rasa tanggung jawab. 

2.      Reflektif

Guru penggerak yang reflektif adalah guru yang selalu berusaha untuk melihat dan merenungi kembali kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan untuk di jadikan pengalaman dalam memperbaiki dan meningkatkan kegiatan-kegiatan selanjutnya. Dengan berefleksi, maka seorang guru penggerak tidak akan pernah puas akan hasil yang dicapai dan akan selalu berusaha memperbaiki agar ke depannya hasil yang di capai lebih baik dan meningkat dari pada sebelumnya.

3.      Kolaboratif

Guru penggerak yang kolaboratif adalah guru yang tidak mengedepankan rasa  kompetitif untuk mencapai tujuan bersama. Seorang guru penggerak tidak akan pernah ragu untuk selalu bekerja sama dengan segala unsur yang akan membantu ketercapaian sebuah visi sekolah. Guru penggerak akan mempunyai inisiatif yang lebih dari pada yang lainnya dalam bekerja sama serta mendukung segala potensi sumber daya yang ada di sekolah untuk kemajuan bersama.

4.      Inovatif

Guru penggerak yang inovatif adalah seorang guru yang mampu menggali dan memanfaatkan kekuatan dan potensi sumber daya yang ada di lingkungan sekolah. Guru penggerak mampu untuk memberikan solusi-solusi yang kreatif dan baru atas  masalah yang terjadi baik yang terjadi di ruang pembelajaran maupun di luar ruang pembelajaran  di lingkungan  sekolah,

5.      Berpihak kepada murid

Guru penggerak yang berpihak kepada murid adalah guru yang mengedepankan kepentingan murid agar mereka mampu memberdayakan diri sendiri secara maksimal dengan potensi yang dimiliki yang sesuai dengan kodrat. 

Berdasar  uraian diatas  maka peran guru penggerak sangatlah penting untuk menjaga tetap bergerak nya suatu penyelenggaraan pendidikan yang ada di lingkungan sekolah, karena guru penggerak tidak hanya akan menjadi agen perubahan yang berpusat pada murid tetapi sekaligus perubahan bagi rekan sejawat dan seluruh elemen yang ada pada lingkungan sekolah.

Dengan kekuatan bersama, maka murid akan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna dan  kebebasan yang terarah untuk dapat mengembangkan potensi setinggi-tingginya sesuai dengan minat, bakat dan  kodrat dengan tidak meninggalkan nilai-nilai karakter budaya bangsa.    

  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 1.1_GALUH CGP KARANGASEM

TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 3.1-GALUH MUTINI PILIKAMPAI-CGP KARANGASEM

TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 1.2_GALUH MUTINI PILIKAMPAI_CGP KARANGASEM